Cara menarik pelanggan potensial
Juli 24, 2020 2:16 pm

5 Cara Sederhana untuk Menarik Pelanggan Potensial

Ross Reck pernah menulis di dalam bukunya yang luar biasa, tentang bagaimana mengubah pelangganmu menjadi tenaga penjualan tetap. Dia mengatakan bahwa 50% dari kesuksesan bisnis yang kamu jalankan berasal dari para pelanggan setia yang dengan ikhlas. Secara tidak langsung, mereka ikut serta dalam merekomendasikan dan mempromosikan bisnis yang kamu jalankan kepada kerabat, kolega, maupun teman. Dengan kata lain, bisa diartikan bahwa setengah dari kesuksesanmu berasal dari bagaimana kamu mendapatkan pelanggan setia untuk memberitahukan kepada orang lain, tentang seberapa baik bisnismu. Tentu saja, apapun bisnis yang kamu jalankan, baik dalam skala besar maupun kecil, terkait dengan sektor F&B maupun startup pengembang software akuntansi.

Pelanggan setia yang sukarela mempromosikan bisnismu ini, pada awalnya merupakan calon pelanggan potensial. Sebelum mendapatkan pelanggan setia, tentu saja kamu harus bisa membaca pasar dengan cerdas hingga menentukan calon pelanggan potensial. Calon pelanggan potensial adalah orang-orang yang belum menjadi pelanggan tetap, tapi berpeluang menjadi pelanggan dalam waktu dekat dan kedepannya. Apa sebenarnya kiat sederhana untuk untuk membuat para pelanggan merekomendasikan atas bisnismu, secara rutin, kepada orang-orang yang mereka kenal? Bagaimana cara memilih calon pelanggan potensial yang tepat? Dikutip dari Stuff, berikut 5 cara sederhana untuk diterapkan dalam menarik pelanggan potensial ke dalam bisnis yang kamu jalankan.

1. Nilai tambah yang tidak terduga

Nilai tambah tak terduga

Nilai tambah tak terduga – callcentrehelper.com

Ada suatu cerita di mana seseorang memesan jasa kebersihan bangunan, The House and Building Wash, untuk membersihkan bagian luar rumah. Datanglah dua orang yang mengerjakannya dan dapat selesai dalam waktu sekitar 4 jam. Dari luar, rumah menjadi tampak baru lagi. Bahkan, cat yang selama kurang lebih 12 tahun tidak pernah dilakukan perawatan, tampak seperti baru juga. Yang lebih baik dari semuanya, setiap sudut rumah telah disemprotkan cairan anti serangga, termasuk laba-laba, sehingga dalam waktu 6 bulan tidak akan ada sarang laba-laba di sekitar rumah. Pemilik rumah merasa sangat puas dengan hasil pekerjaan perusahaan tersebut. Padahal, pemilik hanya meminta jasa pembersihan pada satu bagian rumah di belakang, tapi dua orang tersebut dengan sukarela membersihkan bagian yang lain, tanpa meminta tambahan biaya. Rumah tersebut tetap terlihat luar biasa selama beberapa minggu kemudian.

Nilai tambah seperti inilah yang kadang dilupakan oleh pegiat bisnis yang hanya fokus mencari profit. Jadi, apakah kamu bisa memberikan nilai tambah kepada pelangganmu sendiri?

2. Buatlah hidup pelanggan lebih mudah

Ayo daftar Kledo sekarang!

Beranda website Kledo – kledo.com

Di era digital ini, startup berloma-lomba untuk membuat hidup pelanggan lebih mudah. Mereka terus mengembangkan sistem dan teknologi mutakhir, tak terkecuali Kledo. Kledo adalah software akuntansi berbasis Could yang dapat diakses secara online di mana data keuangan atas bisnis yang kamu jalankan akan tersimpan di awan. Sebagai pemilik bisnis, kamu tidak perlu repot kembali dalam mengelola keuangan bisnis, karena Kledo sudah tersistem mulai dari membuat invoice, pelaporan, hingga analisa performa perusahaan. Dalam Kledo, kamu bisa mendapatkan laporan keuangan dan akuntansi secara real time, kapanpun, dan dimanapun membutuhkannya. Kemungkinan terjadi kesalahan pencatatan transaksi secara akuntansi pada Kledo dapat diminimalisir, berkat adanya sistem yang terintegrasi antar fungsi satu sama lain. Analisa dan pengambilan keputusan pun lebih mudah karena Kledo sudah menyediakan semua yang kamu butuhkan secara otomatis.

Jika membutuhkan software akuntansi, tidak ada salahnya kamu menggunakan Kledo dengan masa trial 14 hari. Kamu cocok pakai Kledo? Perpanjang dan pilih paket PRO untuk berlangganan bulanan, agar bisa menggunakan semua fitur pada Kledo dengan mudah. Ada yang mengatakan bahwa kebanyakan orang mudah terpikat dengan hal-hal yang dilakukan secara otomatis dan betapa mudah cara menggunakannya. Semakin besar kemungkinan pelanggan potensial yang merekomendasikan bisnismu kepada orang lain, jika kamu dapat melakukan ini!

3. Perlakukan pelanggan sebagai teman

Jadikan pelanggan teman

Jadikan pelanggan teman – brand24.com

Sebuah perusahaan asuransi di New Zealand, Baileys Insurance Brokers, mempunyai banyak pelanggan potensial yang secara sukarela merekomendasikan broker asuransinya kepada kolega dan teman mereka. Alasan utamanya adalah perusahaan tersebut selalu memperlakukan klien asuransinya sebagai teman, bukan hanya pelanggan. Fokus terbesar bisnis mereka adalah memastikan pelanggan potensial mereka kembali kapanpun memerlukan untuk membuat klaim. Itu berarti, mereka akan selalu berusaha keras dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dan membantunya untuk mendapat hasil yang terbaik atas klaim asuransi yang dibuat. Bahkan, di tengah lockdown adanya pandemi ini, mereka secara teratur berbagi tips dan inspirasi positif untuk semua kliennya. Semua itu adalah bagian dari pendekatan yang dilakukan dalam memperlakukan klien sebagai teman. Ketika kamu memperlakukan pelanggan sebagai teman, mereka akan merasa sangat dihargai. Dengan begitu, akan sangat mudah bagi mereka untuk merekomendasikan bisnismu kepada pihak lain.

4. Buatlah hal rumit menjadi simpel

Buat hal rumit jadi mudah

Buat hal rumit jadi mudah – henrytapper.com

Camdor Global Advisors, perusahaan riset dan strategi bisnis di Inggris, selalu menyediakan solusi investasi dan penimbang risiko bagi otoritas lokal, dana pensiun, dan institusi investor lainnya. Yang mereka lakukan hanyalah memadatkan sebagian besar informasi ke dalam format yang lebih mudah untuk dimengerti oleh klien yang tidak paham investasi. Kemudian, mereka juga menunjukkan langkah-langkah yang bisa diambil oleh klien secara spesifik. Hal tersebut terkait output yang bisa didapatkan dalam melakukan investasi berdasar informasi yang sudah disederhanakan. Gaya presentasi di depan klien pun sangat khas dan mudah dipahami oleh orang yang tidak mengerti investasi. Penjelasan kepada klien dibuat detail, segala perspektif diberikan, dijelaskan dampak dari masing-masing instrumen investasi, serta tindakan yang harus diambil kedepannya. Dengan begitu klien merasa puas dan dapat dengan mudah untuk mempercayakan nominal milyaran dolar kepada perusahaan ini. Mereka telah sukses membuat hal yang rumit menjadi mudah dipahami, hingga menarik pelanggan potensial.

5. Pastikan memiliki jaminan pelayanan yang tidak biasa

Loyalitas kepada pelanggan sangat penting

Loyalitas kepada pelanggan sangat penting – swotdigital.com

Pembuat batu bata dan paving, Premier Group International, mendapatkan gelar secara resmi sebagai perusahaan dengan bisnis terbaik di Australia. Salah satu hal yang menarik dari perusahaan ini adalah fokusnya terhadap jaminan pelayanan kepada pelanggan yang tidak biasa. Mereka memberikan jaminan atas pengiriman pada hari yang sama, seperti yang sudah dijanjikan, bahkan secara gratis. Perusahaan ini juga memberikan jaminan pengiriman dalam waktu 60 menit, atau pelanggan akan mendapatkan 10% dari uang yang sudah dibayarkan sebagai pengembalian atas keterlambatan. Mereka akan selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik, agar pelanggan merasa puas, dikombinasikan dengan jaminan yang tidak biasa.

 

Apakah sudah ada bayangan apa yang akan kamu lakukan dan bagaimana penerapan masing-masing cara di atas dalam bisnis yang kamu jalankan untuk menarik pelanggan potensial? Belum punya bisnis? Yuk simak 5 Peluang Bisnis yang Bisa Kamu Terapkan di Internet, siapa tahu bisa memberimu inspirasi!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *